RSS

Emas , Permata, Berlian di “diri” sebagai KesucianNYa

22 Mei

image

Om sa ba ta a i na ma si wa ya,,
Om parama siwa, siwa narayanam , om nama siwaya..

Dharma sastra 74
Yatha caturbhih kanakam pariksitam
Nigharsanathadanacchedhatapanaih
Tattha catrubhih purusah pariksitam
Srutena silena gunena karmana..

Artinya bagaikan emas yg diuji dengan empat cara, dengan batu asah, ditempa, dipotong potong dan dipanaskan:maka demikian juha orang diuji dengan empat macam (ujian) Sruta (pengetahuan mengenai kitab suci weda), Sila (kesusilaan) Guna (kemahiran dan bakatnya)Karma (perbuatan dan pekerjaannya)..

Sebongkas emas adalah merupakan sesuatu yg berharga, dan dihargai oleh mereka yang mengenal emas iti sendiri.. Sebagaimana manusia yang memiliki harga yang tinggi seperti kemuliaan emas itu sendiri, adalah sangat pun harus melalui berbagai rintangan rintangan yg tentunya menuju sebuah singgasana, dunia, kenikmatan , pahala yang baik pula sprti emas itu sendiri..

Bagaimama mereka yg diuji sebagai penuntun menuju kemuliaan manusia di jaman satya yuga nantinya, adalah mereka yg menuju empat jalan utama kepada HYAng maha Kuasa itu… Seperti mereka yang ditempa oleh Sruta…artinya bahwa weda yang agung akan membuka DiriNYA sebagai sebuah kelepasan ktika mereka yg melaksanakan membaca memahami weda adalah seorang dimuliakan sebagai bhakta hyang widhi.. sbagai pengabdi, sebagai seorang jnana yg mnganalisa memberikan ulasan tntang kebenaran weda itu sendiri..apakah weda pun menyatakan, mereka “uttamam kanyadanam ca, vidya danamanantakam” ,mereka yang melimpahkan pengetahuan rohani(widya) adalah pemberian yang tiada taranya…dan sebagai idealitas manusia yg mmiliki kemuliaan, maka weda adalah sebagai pnghncur ahamkar rajas tamas dan melebur menuju pembersihan di lingkungan terkecil sampai terbesar..

Sila atau kesusilaan, bahwa mereka yg memiliki sifat pendamai, dan menyenangkan hati orang yg memperhatikannya, adalah seorang bhakta yang mumpuni, dimana segala sifat hormat dan mmberi suasana yg baru akan susilanya adalah salah satu anak suputra semesta bhapa angkasa.. dimana hal ini akan mndapatkan berbagai godaan godaan duniawi..seorang dharmaning buddhi akan mmbri aura yg indah positif dimana pun ia berada..itu kekuasaan susila yg satya, diujilah mereka yg memiliki itu sbagai dharma buddhi akan mndapat pahala yg sesuai dngan idealitasNYa..

Baca sdikit:
https://linggahindusblog.wordpress.com/buddhi-dharma/

Guna adalah bakat dan kemahiran.. artinya adalah bahwa bakat dan kemahiran saat dipngaruhi lingkungan diri serta pengalaman san juga sancita karmapalanya… mereka yg memiliki bakat musik akan menghibur mereka yg hatinya tertutup duka lara, ada pula yg memberikan keceriaan lewat senda gurau, ada pula dngan bakat manfaat bagi orang banyak sbagai peyakin sala satu ilmu pngetahuan..hanya lah takdir yh dapat menentukan manusia itu lulus dalam kehidupan, sbagaimana ia berhasil untuk menyadari takdirnya sebagai manusia yg bermanfaat, manusia yg brhasil menarik sattwikam rajasikam dibandingkan dengan tamasikam dari tri guna ini….bhakta raja marga adalah mereka yg tercerahkan(wibhuti) brsama dengan gunaNYa masing2…

Jalan karma adalah sebat akibat dri proses krja, tidak ada manusia yg lepas dari proses kerja, maka mereka yg brusaha melepas proses kerja, akan semakin dipaksakan sebagai prosesnya kerja oleh triguna kuasa..tidak ada yg bisa terlepas, ketika karma adalah juga sebuah reaksi aksi,..dan semua terbelenggu proses krja tri guna itu sendiri.. maka cara nya adalah bagaimana kerja hanyalah sebuah kerja, sebuah bagian DariNYA, yg artinya menjadi seorang dharma, bhakta, jnanas, raja marga, adalah sebuah krja yg utama, dan yang lainnya adalah sampingan, bukannya kita adalah pengabdiNYA?? Dan IA adalah pemberi anugerah(gaji)NYA…

Maka mereka yg memahami adalah mereka yg memiliki hati laksana emas yg berkilau..

Salam gwar
Mei 2014

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 Mei 2014 in agama, filosofi

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: