RSS

Ciri ciri manusia berdasarkan Tri Guna..

05 Jun

Om tyambakam jayamahe..

Snthi sahajahtra ning eling…

Mahajaya devantara jagat …

Rahayu raharja saktya amartha Sanjihwani…

Jahya om..

Maya dari ilhaiah adalah sesuatu yang sangat mendasar. Sehingga dengan mengenalnya, maka dikatakan dalam Upanishad bahwa akan mendapati dirinya keberpahaman untuk mengelola Maya itu menjadi sarana pembebasan, penyadaran tentang “diri”.

Diri adalah suatu kondisi yang berada pada keseimbangan atau berisikan suatu ketidakseimbangan, sesuai dengan wicara,fikir, serta laksana.. Maka ketika itu menjadi suatu perwujudan atmanikam (pancer), Citta, Buddhi, Ahamkar (sedulur papat). Maka itu sebagai bagian Atman yang meliputi dirinya dengan bhakt, kebaktian, bhakta serta kejayaan akan mengenal Diri sebagai buana Alit, Buana Agung yang menyatu bagai atman brahman aikyam..

Maka Maya, seprti dalam bhgawadgita menyabdakan adalah Tuhan menciptakan Tri GUna sifati alamiah dunia, namun Tuhan tiada ada di sana dan Itu tiada ada di Tuhan. Seperti itu sampai mereka semua memahamiNya, sesampai mereka menyadarinya, dan hidup dalam ketersadaran ilahiah.. Namun ketika mereka menyadari, maka itu membuka pintu karma pahala, entah itu baik atau buruk. Dan itu sebagai bagian penyucian lahirian dn batiniah, atau penghancuran karma yang buruk..

Maya sendiri terdiri dari tiga..Yaitu Sattiwka, Rajahsika, Tamasikah…

***Sattwika sendiri adalah sifat kebijaksanaan, kebaikan, kebajikan.. sehingga ketika badaniah yang mengikuti suksmaning rahsa sajadha akan membawa mereka pada keluhuran buddhi, dan membuka citta menjadi memori yang mengindah dari kekuasaan Atmaning Jahya Manikam, dimana sedari dulu tanpa pernah pergi berasal dari brahman.. Maka mereka yang memiliki sifati sattwika dibagi sebagai berikut :

Sattwika Prakerti

1.Sattwika Brahma : Kepribadian manusia yang suci, cinta kebenaran, tulus dalam berbagai usaha, rajin sembahyang memuja Tuhan, ramah tamah terhadap tamu, senang giat belajar untuk menambah ilmu.

2. Sattwika Mahendra : Yang memiliki kepribadian yang masyur dan berani, sabar, setia kepada pelajaran veda, bersikap baik terhadap para sahabat atau pun kepada lawan.

3. Sattwika Varuna : Menyukai dingin, toleran, warna rambut kurang hitam, dan suka berbicara. Maka mereka menyerap “guna” baik dari alam buana agung sehingga mengubah pencirian mereka.

4. Sattwika Kaubera : Senang jadi perantara, toleran, kaya, mempunyai kemampuan untuk berdagang (menyalurkan barang).

5. Sattwika Gandharwa : Menyenangi wewangian, gemar musik seni dan tari, suka berpindah tempat kerja dan memberikan suasana keindahan di tempat yg telah ditinggalinya.

6. Sattwika Yama : taat melakukan yadnya ibadah, kuat dalam beraktivitas, tidak kenal takut, ingatan dan kesucian kuat, bebas dari keterikatan dan ketakutan.

7. Sattwika Arsa : Taat menjalankan upacara keagamaan, membujang, tidak kawin, mengetahui spiritualitas, dan materialnya tinggi.

**Rajasikam Prakerti adalah sifat yang dengan prilaku keras, agresif, agak rakus, energik, dan mendahulukan kemenangan tanpa pikiran dan kebijaksanaan.. Maka rajasikam ini ketika tanpa dibarengai sattwam, akan membawa dan menjauhi kedamaian itu sendiri. Mengapa??karena pada dalam dirinya akan menyebarkan ketakutan dari pada alam..Ketika mereka menyuarakan itu tanpa kebenaran adalah menjadi sesuatu yang membibitkan kehancuran dan ketidakdamaian..Namun dengan sattwikam, maka ini bisa menjadi sesuatu bekal dan perisai bagi kebenaran itu sendiri..

1. Rajasikam Ashura : sifat berani, kejam, iri hati, menakutkan, menyendiri senang, senang mengisi perut..

2. Rjaikam Sarpa : seprti ular, bermulut tajam, suka memperdayai orang, tetapi penakut, cerdas, senang bergerak dan makan..

3. Rajasikam Sakuna : seperit burung, suka seks, sering makan, pemarah, dan tidak stabil..

4. Rajasikam raksasa : berpikri individualitis, pemarah, iri hati, tidak gemar religiusitas, gemar memuji diri sendiri..

5. Rajasikam Paisaca : SUka mencuri makanan, senang dengan keberanian sehingga puas akan kemenangan tapi tidak kebenaran, cinta pada wanita, tetapi pemalu..

6. Rajasikam Praita : tidak suka membagi kesenangan, agak pemalas, watak sedih, pencemburu, tamak, kurang suka beramal

Menyadari itu akan membawa mereka yang rajasikam menuju neraka, baik di dunia maupun nanti di tempat lain (tegal penangsaran, titi ugalagil, dsb. Namun ketika itu kepribadian membiasakan diri berlaku dharma dan sattwikam, maka secara otomatis akan membalikan kepridian diri menjadi tameng kebenaran,, Dan karma akan dibersikan dan disucikan sesuai dengan apa yg telah dilakukan digariskan..

** Tamasikam Prakerti ..adalah tipe cuek bebek dan pemalu, pencemburu, agak kurang cerdas..

1. Pasava : seperti binatang tidak beradab, dan biadab.. kurang cerdas melempem, gemar berseksualitas, tidak taat pada aturan..

2.Matsya : seperti ikan, mental kurang stabil, tidak bijak, pengecur, gemar merusak milik orang lain..

3. Vanapatya : seperti tanaman, tinggal di satu tempat saja, gemar hanya mengambil makanan tapi tidak suka memberi , (beryadnya)..kurang paham akan catur purusha artha (dharma) artha kama moksah..

Maka ketika itu menjadi kepribadian karena daya guna mereka sendiri, bhgawadgita bersabda… Maka Diri Yang telah mengenaliNyA akan tiada berpikir bahwa mereka melakukan sesuatunya secara sadar, karena sebenarnya adalah AKU (ruh utama) serta pengaruh dari Maya yang melakukannya.. Mereka yang berpikir telah melakukan kegiatan karena dia sendiri yang melakukannya, sebenarnya telah merosot, kecuali mereka tahu bahwa maya adlaha yang membuat mereka bergerak.. Dan AKU(kepribadian Yang Maha KuASA ESA), yang menghubungkannya itu sebagai pemahaman yang mutlak..

Salam gwar…
image

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 5 Juni 2014 in Tak Berkategori

 

Tag: , , , , ,

2 responses to “Ciri ciri manusia berdasarkan Tri Guna..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: