RSS

Tiga waktu (sandhya tiga) dan Konsep Tri Dosha..

25 Mar

Om swastyastu..
Saraswati pradnya paramita nitya..
Sanatana suhci ganapatya swaha..
Ekam eva adityam brhman..
Bhur bwah swah papa hning nirmala..
Nama siwa namo buddha ya..
Swaha..
image

Konsep kala atau waktu adalah suatu wilayah etheris dan wilayah yg akan selalu beradaptasi dgn ruang2 dunia..Ruang yg mmberikan tmpat etheris akasa yang juga berhadapan dgn kekuasaan Kala maya dimana sudah tergariskan dlam satu hitungan hari wuku bulan sasih dan tarikh tarikh yg berbeda..Sebuah kewaskiitaan sendiri dari para keleluhuran pada keyakinan apa pun itu ktika membicarakan tata wakti dan ruang yg selalu berhubungan signifikan dengan psikologi dan jam tubuh manusia…

Pada bahasa hindu, maka ada konsep dewasa, wuku, hari baik, hari pantanganm astronomi dan sbagainya..Dalam konsepmruang ada tata letak wilayah utara timur hulu, barat selatan hilir serta dewata nawa sangha, atau juga tata letak karang yg di bahasa tao itu mnjadi feng shui..Dan Maya tentu saja mengambil bagian penuh di sini ktika dibahasakan hindu..Untuk Maya dipersilakan melihat link ini…

https://linggahindusblog.wordpress.com/2015/02/15/tiga-maya-guna-beserta-hubungannya-dgn-cakra-cakra/

Mengenai keberadaan waktu dalam hari2 nya, maka terdapat jam tubuh dunia, dimana sngat berhubungan dgn maya di tri dosha ini..Tri dosha tentunya adalah vata, pitta, kapha yg brhubungan dgn maya tri guna..sprti yg dapat dicek pada link berikut..

https://linggahindusblog.wordpress.com/2015/03/24/maya-yg-memasuki-di-sapta-serta-tri-dosha/

Vata dalam konsepnya etheris dan vayu sngst berperan pada pagi dan sore hari..serta musim2 yg sejuk..pitta berperan pada siang hari kapha pada saat malam yg lembab krna brisikan air dan tanah pertiwi…Ini sngat terlihat pada jam2 tertentu perpindahannya, namun disesuaikan pada wilayah masing-masing..Di suasana yg ekstrim sprti di gurun dan di tmpat bersalju, maka kombinasi waktu vata pitta kappa akan benar berbeda..

Di indonesia sendiri (baca nusantara) maka dlam bahasa Hindu dikatakan ada tiga waktu yg sngat baik untuk mengusahakan keseimbangan tri dosha ini..Seperti juga ttg bahasa jiwa yg mampu memberi “sarapan asupan energi baik” bagi suasana hati dan motivasi diri, yg berhubungan juga dgn cakra2 utama sbagai yg menuju keseimbangan mentalitas..Dengan mengumandangkan rinai ilahi di mantram dan pujam, sbagai sadhana seorang yg mengabil jalan baik menyempurnakan hubungan dgn parahyangan..Maka tiga waktu itu adalah sbuah disiplin yg mgkin akan simpel dan nyaman ktika telah sering dilaksanakan dan mnjadi sadhana spiritual untuk pndasi diri dan jiwa..

Dengan itu maka dibentuklah dikonsepkanlah tiga waktu yg mnjadi waktu vata pitta kapha dan berhubungan jua pada maya tringuna satwik rajas tamas…
Konsep maya yg seimbang di esensi bhagawagita wrspatti tattwa disebutkan:
“Maya adalah bahan membuat semesta AKU mencipta Maya dan semua terlingkupi olehNya, Namun Aku tidak berada di itu dan itu tidak berada di AKu, terkadang satwika akan merajai rajas tamas, trkadang rajas melampaui tamas sattwika, dan juga tamas bisa merajai sattwika rajasika, manusia pun lahir dan bersifat krna keseimbangan maya itu”
1.waktu jam enam pagi sebagai waktu vatta sedang baiknya di semesta, maka berpujam bergayatri bertri sandhya adalah untuk menarik vatta dri semesta serta memengaruhi pondasi mentalitas jihwa itu sendiri..Dan pula menarik positifnya semesta itu sbagai bekal dalam keseharian sattwika guna..

2.waktu jam 12 siang adalah waktu pitta yg senantiasa rajasik dan panas terik, shingga memengaruhi aktivitas agar seimbng kualitasnya..Rajas yg bergejolak akan membuat diri bisa limbung dan ktika tanpa sattwika bersama sama di pagi hari membuat kala waktu yg ada mmbri tekanan mental akan musuh di diri..Dalam hal ini pujam akan menetralisir itu semua dan mmbri keseimbagan yg sahih..Tanpa itu maka emosi mnjadi tinggi, dan perut akan mnjadi cenderung aktif ygnjuga mmbuat emosi dan ambisi meliar serta perlu dijinakkan agar akal masih bisa dipegang secara sehat.. Tentu scara psikis juga sbagai jalan restuNya untuk membiasakan sattwika rajasika beriringan..Waktu trkdanf jdi masqlah dn aktivitas trkadang tidak bisa ditnggalkan, konsep desa kala patra hndaknya dapat berhening dan merapal pujam pada posisi tertentu untuk agar tetap berkonsep sadhana juga…

3.waktu sore jam 6 , maka ini adalah waktu vatta yg beriiringian dng tamasika guna yaitu kappha..setelah waktu ini adalah waktu kappha dimana tubuh telah agak lelah dan kala sudah condong ke arah amlam dan barat..Ini membuat badan malas dan ogah2an serta gegeodaan kala sbagai waktu bermain untuk kala adalah saat kaphha ini mengada dan gelap adalah pasti ttg kappha dosha..Dalam hal ini akan lebih bijak ketika juga merespon itu dnag hening dan mlksanakan pujam..hal ini scra akal sehat adalah untuk tetap bervatta dan sattwika guna sbagai pedoman untuk berisitirahat(tamas) dan atau juga menguasai diri yg menuju aktivitas yg dilaksanakan dgn bermodal tetap sattwika guna dan atau vatta yg mngendalikan kappa agar tidak berlebih dan saling seimbang..(aktivitas pkrjaan malam hari tntu ada)…

Dalam keadaan yg sesuai dgn maya semesta, maka ini hndaknya dijadikan salah satu pedoman pada plaksanaan keseharian..Psikis akan memengaruhi fisik dan mmengaruhi juga kerja hormonal saraf jantung gerak metabolisme tubuh pembelahan sel serta pencegahan atas penyakit2 yang akan muncul..Dalam musim panca roba dimana kombinasi itu sedikit kompleks, maka bisa muncul pnyakit penyakit musiman, entah vatta yg ada pada prntian musim serta gugur dan semi, atau kappa yg ada pada musim dingin ahir musim gugur, atau pitha yg ada pada musim panas gugur kering kemarau…ketidakseimbangan ini bisa diseuaikan dan distabilkan..

Untuk mantram sbagai guna dan pengaruhnya dapat dicek disini..
https://linggahindusblog.wordpress.com/2009/08/26/kegunaan-mantra-atau-japa-dalam-bentuk-psikologi-pemantra/

Om bhur bwah swah tat savitur varenyam..
Bhrgo dewasya dimahi dhyoyonah pracodayat..
Sarva prani hitankarah..
Palayasva sadah sivah..
Tat pramadat ksma svanam..
Kswtyah kayiko waciko manaso dosah..
Shantii shanti shantii rahayu om..

Guswar maret 2015..

 
7 Komentar

Ditulis oleh pada 25 Maret 2015 in agama, doa

 

Tag: , , , , , , ,

7 responses to “Tiga waktu (sandhya tiga) dan Konsep Tri Dosha..

  1. gusyandi

    30 Maret 2015 at 12:41

    saya suka bali yang notabene penduduknya hindu. mari kita jaga toleransi antar umat beragama. salam santun dari kami http://wp.me/4Ciil

    Suka

     
    • linggawardanasahajakers

      30 Maret 2015 at 13:04

      Gih swaha sodara gusyandi..
      Smoga kdamaian selalu terjaga..
      Astungkara

      Suka

       
      • gusyandi

        30 Maret 2015 at 13:08

        Aamiin. kenken kabare? dulu saya sempat kerja di hotel padma. jadi kangen bali.

        Suka

         
      • linggawardanasahajakers

        30 Maret 2015 at 22:04

        Hehee..baik 2..gusyandi gimana??sehat selalu yaps..
        Hotel padma yang dimana??
        Waah taun brpa nih ke bali?

        Suka

         
      • gusyandi

        31 Maret 2015 at 05:09

        Hotel padma yang di Kuta pertengahan pantai kuta dan double six. saya tahun 2007.

        Suka

         
      • linggawardanasahajakers

        31 Maret 2015 at 07:27

        Oh gih2..
        Ya salam kenal gih.smga selalu diberkati

        Suka

         
      • gusyandi

        31 Maret 2015 at 11:20

        salam kenal juga..Aamiin.

        Suka

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: